Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Belajar CorelDraw Agar Cepat Paham

Tips Belajar CorelDraw Agar Cepat Paham - eoolis.com

eoolis.com - Coreldraw adalah salah satu software yang banyak digunakan oleh para desainer untuk membuat suatu desain, mulai dari desain pamflet, brosur, spanduk, logo, dan lain sebagainya. Selain memiliki segudang tools dengan fungsi yang beragam, coreldraw mudah dioprasikan siapa saja bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

Kita semua pasti sepakat, bahwa dalam mempelajari apapun kita pasti ingin cepat paham, termasuk belajar coreldraw. Nah, apa saja tipsnya agar kita bisa cepat paham belajar coreldraw? Silahkan simak sampai akhir ya.

Pada postingan artikel eoolis.com kali ini, saya akan berbagi tips bagi kalian yang ingin belajar coreldraw, agar cepat memahami fungsi dari setiap tools yang ada di software coreldraw. Apa saja tipsnya? mari kita bahas.


Tips Belajar Corel Draw

1. Mencari Referensi tentang CorelDraw

Sebelum kalian memutuskan untuk menginstal dan menjalankan coreldraw, kalian harus mencari referensi-referensi terkait coreldraw. Seperti kegunaan dari coreldraw itu apa saja, fungsi dari setiap tools yang ada di coreldraw apa saja, versi coreldraw yang pas dengan spesifikasi laptop atau komputer kalian itu yang versi apa/berapa. 

Jika kalaian belum punya laptop atau komputer dan kalian mau beli, saya sarankan belilah laptop atau komputer dengan spesifikasi minimal ram 4gb dan prosesor minimal intel core i3 generasi 6. Dengan spesifikasi itu pun kemungkinan kalian akan menjumpai komputer ngelag atau ngehang. Tak jarang juga coreldraw error berhenti sendiri atau not responding kalau kalian membuat desain yang banyak komponen objectnya atau memasukkan terlalu banyak gambar atau membuat banyak desain di beberapa page. Mungkin untuk pembahasan spesifikasi laptop atau komputer yang cocok untuk desain grafis nanti akan saya buatkan konten sendiri ya. 

Yang paling penting pertama kalian harus mencari referensi terkait coreldraw, kalian bisa mencari referensi di berbagai media, entah itu video tutorial di youtube, artikel di website, di sosmed, atau di buku buku yang membahas mengenai coreldraw.


2. Praktek Mulai yang Paling Dasar

Setelah kalian mencari referensi terkait coreldraw, alangkah baiknya kalian langsung mulai belajar mengoperasikannya. Tentunya sesuai dengan pengetahuan yang kalian dapat setelah menjalankan point pertama tadi.

Misalnya kalian mencari referensi melalui video tutorial di youtube, kalau kalian belum paham, kalian ulang ulang terus sampai kalian paham. Untuk mempercepat, carilah video yang mudah dipahami. Setelah itu kalian terapkan ke aplikasi coreldraw yang sudah kalian install sebelumnya. Kalian coba tools yang paling mudah dulu, seperti rechtangle tools, ellipse, polygon, atau kalau kalian ingin membuat bentuk bebas manual bisa menggunakan freehand, beizer dan pen tool.

Silahkan kalian coba dan ulangi terus sampai kalian benar-benar bisa. 


3. Jangan Malu Bertanya

Kalau kalian menjumpai kesulitan saat belajar coreldraw, dimana kalian sendiri belum menemukan jawaban atau solusi dari kesulitan Anda, silahkan bertanya pada teman, kerabat, atau siapapun yang kalian anggap bisa atau menguasai coreldraw.

Karena dengan kalian bertanya kepada mereka, maka ilmu dan pengalaman mereka akan menular ke diri kalian. Seperti itu. 


4. Ikuti Program Pelatihan atau Kursus

Ini tidak wajib ya. Kenapa saya bilang ini tidak wajib? Karena saya sendiri tidak pernah mengikuti pelatihan atau magang atau kursus desain grafis. Saya mendapat bekal belajar coreldraw dimulai dari materi pelajaran yang ada di MTs dan MA. Itu pun hanya dasar-dasarnya saja. Dan saya mulai dapat perkembangan sedikit di perkuliahan. Sebenarnya jurusan kuliah saya bukan desain grafis, tapi akuntansi, lebih tepatnya komputerisasi akuntansi. Ya di situ saya mendapat sedikit perkembangan setelah mendapatkan tambahan materi mata kuliah desain grafis di semester awal. Dan itu juga hanya materi dasar-dasarnya saja. Mentok paling sulit pada saat itu disuruh membuat desain pamflet sederhana. Untuk kelanjutannya saya kembangkan sendiri dari hasil belajar otodidak melalui video tutorial di youtube dan artikel panduan di website.

Akan tetapi, kalau kalian merasa perlu mengikuti program pelatihan, silahkan kalian ikut, saya menyarankan itu. Karena orang yang mengikuti pelatihan dengan orang yang hanya belajar sendiri secara otodidak, itu harusnya pengetahuannya lebih banyak orang yang mengikuti pelatihan. Karena disitu kalian punya guru khusus yang membimbing kalian dalam belajar desain grafis. Belajarnya lebih terstruktur dan berurutan. Kalian bisa bertanya sepuasnya apapun yang belum kalian ketahui mengenai desain grafis, khususnya coreldraw.


5. Jangan Mudah Bosan

Semua orang pasti tahu, yang namanya belajar itu butuh proses. Dan waktunya pun tidak sebentar. Jadi, kalau kalian ingin benar-benar bisa menguasai coreldraw, ya kalian jangan mudah merasa bosan dan putus asa.

Pada saat belajar coreldraw atau belajar apapun, kalian pasti akan menjumpai titik jenuh, saya pun demikian. Itu tergantung pada diri kalian masing-masing bagaimana cara mengatasi rasa jenuh dan bosan tersebut. Kalau kita kalah dengan rasa bosan kita dan kemudian kita bermalas-malasan. Kapan belajar kita akan membuahkan hasil? Kapan kita bisa memahami coreldraw? Kapan kita bisa membuat desain? Betul tidak?

Ya kalau kalian merasa bosan, tidak apalah sesekali kalian cari refreshing, jalan-jalan, karaokean, olahraga dan lain sebagainya. Setelah kalian merasa fresh, langsung gass lanjut belajar lagi. Oke?


Demikian penjelasan saya mengenai tips belajar coreldraw agar cepat paham. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya. Untuk penjelasan lebihnya bisa simak video di bawah ini. 


Silahkan simak dan tonton sampai selesai ya. Jangan lupa like dan subscribe channel KLS Design.

Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Posting Komentar untuk "5 Tips Belajar CorelDraw Agar Cepat Paham"