Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang Harus Dimiliki Desainer Pemula

5 Hal yang Harus Dimiliki Desainer Pemula - eoolis.com

eoolis.com - Untuk menjadi seorang desainer grafis, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Salah satu hal yang perlu ada pada diri kita yaitu rasa ketertarikan yang besar. Karena dengan rasa ketertarikan yang besar akan menjadi pendorong untuk terus belajar desain grafis.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan untuk kalian yang sedang atau ingin belajar desain grafis. Khususnya desain menggunakan software coreldraw.


Hal yang Harus Dimiliki Desainer Pemula

1. Rasa Suka dan Rasa Ketertarikan

Maksudnya bagaimana? Maksudnya yaitu kalian harus memiliki rasa suka dan tertarik terlebih dahulu terhadap suatu desain. Bukan tertarik kepada cewek ya guys, ini tertarik pada desain.

Misalnya, kalian sedang scroll sosmed IG FB atau Twitter. Disitu kalian menemukan sebuah desain pamflet atau meme. Jangan langsung scroll terus, jangan dilewati begitu saja, kalian lihat dan amati. Oh ternyata desainnya kok bagus ya, perpaduan warnanya pas, tata letaknya pas, aku suka dengan desain seperti ini.

Nah, dari rasa suka tersebut kemudian muncul rasa ketertarikan ingin mempelajarinya. Jangan hanya suka saja, tapi munculkan rasa tertarik untuk belajar membuat desain seperti yang kalian lihat tadi. Dengan adanya rasa suka terhadap desain dan tertarik untuk mempelajarinya, maka kalian sudah maju satu langkah untuk menjadi seorang desainer.

2. Sering Mengamati Desain

Jika kalian ingin menjadi seorang desainer, kalian harus sering-sering mengamati desain yang kalian lihat dimanapun.

Misalkan kalian melihat pamflet yang terpasang di tembok atau tiang listrik, atau kalian melihat baliho besar di atas. Kalian jangan hanya membaca isinya saja, apalagi skip, jangan. Kalian harus mengamati desain dari baliho tersebut atau desain dari pamflet tersebut.

Karena dengan seringnya kalian mengamati suatu desain, akan menambah pengetahuan dan referensi kalian sebagai bekal kalian dalam belajar desain grafis. Dari hasil pengamatan kalian yang sering, secara tidak langsung kalian sudah belajar memilih desain yang bagus itu yang seperti apa.

3. Rasa Ingin Tahu

Kalian harus selalu memunculkan rasa ingin tahu pada diri kalian.

Ketika kalian melihat desain apapun, lalu kalian suka dengan desain tersebut, kalian harus memunculkan rasa ingin tahu. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? kok bisa hasilnya sebagus ini. Membuatnya menggunakan aplikasi apa?  Dan lain sebagainya.

Jika kalian berhasil menumbuhkan rasa ingin tahu, maka secara tidak langsung kalian terdorong untuk mempelajarinya.

4. Konsisten dan Tidak Mudah Menyerah

Salah satu hal yang paling sulit dipertahankan orang pada saat belajar desain grafis, yaitu konsisten dan tidak mudah menyerah. 

Tingkat pemahaman setiap orang berbeda beda. Ada yang menganggap belajar desain itu susah, ada juga yang menganggapnya mudah. Nah, bagi kalian yang merasa belajar desain itu susah, kalian jangan langsung menyerah. Sesusah apapun materi yang kalian pelajari, kalian harus konsisten, lanjut terus. 

Kalian harus sering sering praktik mulai dari tingkat dasar, tingkat yang paling dasar, kalian ulang2 sampai kalian paham dan tangan kalian bergerak dengan sendirinya.

5. Jiwa Tidak Malu Bertanya

Ada pepatah mengatakan malu bertanya sesat dijalan. Nah, kalau kalian merasa apa yang kalian pelajari itu susah, dan kalian sulit untuk mencari solusinya. Silahkan kalian tanyakan pada ahlinya, entah itu guru kalian, atau teman kalian yang kalian anggap sudah mahir desain.

Jiwa tidak malu bertanya di sini bukan berarti apa apa kalian langsung ditanyakan ya. Kalian harus berusaha terlebih dahulu mencari di internet. Kalau kalian tidak menemukan jawabannya, barulah kalian bertanya.

Demikian penjelasan saya mengenai 5 Hal yang Harus Dimiliki Desainer Pemula. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya. Untuk penjelasan lebihnya bisa simak video di bawah ini. 


Silahkan simak dan tonton sampai selesai ya. Jangan lupa like dan subscribe channel KLS Design.

Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Posting Komentar untuk "5 Hal yang Harus Dimiliki Desainer Pemula"